Ketika Anda memiliki sebuah produk yang merupakan hasil
olahan pribadi atau skala home industri, tentunya Anda ingin produk Anda lebih
dikenal agar keuntungan yang dihasilkan juga lebih banyak. Oleh karena itu,
pada akhirnya banyak pengusaha UKM yang akhirnya mencoba mempopulerkan
produknya via website atau media sosial secara online. Tetapi apa
sebenarnya keuntungan bisnis UKM go online jika dibandingkan dengan strategi
bisnis konvensional?
1.Memicu inovasi produk
Ketika Anda menjual produk melalui sistem online, tentunya
akan ada beberapa produk yang mungkin memiliki bahan baku serupa dengan produk
Anda. Hal inilah yang secara tidak langsung akan memicu Anda untuk berinovasi
agar produk UKM yang Anda produksi memiliki daya saing yang kuat. Misalnya saja
ketika Anda menjual makanan kering dalam bentuk kemasan dan setelah berjalan 1
tahun ternyata ada produk lain yang serupa dengan milik Anda, maka agar
konsumen lebih tertarik dengan produk, Anda dapat melakukan inovasi dengan cara
perubahan kemasan atau penambahan citarasa dalam produk makanan.
2. Memperluas pangsa pasar
Ketika Anda memilih menjalankan dan memasarkan produk UKM
secara online, secara tidak langsung pangsa pasar yang Anda miliki akan jauh
lebih luas dibandingkan ketika promosi yang dilakukan hanya menggunakan brosur
atau pamflet untuk daerah sekiar area produksi. Dengan menggunakan media
online, Anda dapat menjangkau kebutuhan konsumen akan produk yang berada diluar
daerah. Sehingga ketika konsumen tersebut semakin puas dengan pelayanan Anda,
ada jaminan pemasaran Anda dapat menjangkau area luar negeri.
3.Membentuk brand
Komentar
Posting Komentar